Kamis, 26 Desember 2013

Fotoin DONG!

gue bersyukur tinggal di Indonesia, karena banyak banget budaya yang bisa gue pelajari, lihat dan bener - bener memanjakan jiwa gue sebagai penduduk aslinya.

dan hari ini gue akhirnya di suguhi kembali oleh budaya Indonesia yang engga pernah luput dari pandangan gue dari dulu, dan budaya itu adalah..

FOTO BARENG BULE

gue rada heran kenapa gue ga lahir di luar negeri kayak amerika atau australia ya dulu? andai dulu bayi gue bisa request ke mama buat bilang,

gue     : ma, aku mau lahir di australi
mama : mama udah ga kuat ini, udah 9 bulan, waktu kamu sudah habis!
gue     : engga mau, aku mau jadi bule ma!
mama : kamu mau jadi bule?! mama aja belum pernah liat bule!
gue     : ga mau, ga mau!! kalau engga, aku di rahim sampe tahun depan loh!
mama : woy! ini perut bukan kos-kosan, pake nambah segala, KELUAR KAMU! *akhirnya brojol*

gue ngerti lahir dimanapun ga akan pernah ngaruh sama muka gue yang belom dapet branding internasional. walau gue lahir di amerika, muka gue tetep indo, cuman akte kelahiran gue yang bule.

fenomena bule ini benar-benar sangat membutakan beberapa orang Indonesia, contohnya seperti hari ini. gue pergi ke stasiun kereta api, dan ngantri cukup lama hanya untuk melihat mba resepsionis itu ngobrol bahasa inggris berlandaskan google translete dan minta foto.


-say BULE guys!....GULAIIIIII!!!-

kenapa semua orang bule yang ke Indonesia, di mintain foto?! 

lo udah ga tau namanya? lo udah ga tau dia asal mana? lo juga blepotan ngomong sama dia? terus lo minta foto? 

buat apa?!

gue heran parah!
dan gue ga pernah gitu ya, masuk ke rumah orang dan dia majang foto bersama bule GEDE di ruang tamu. waktu di tanya,..

gue     : weits, bule nih. artis ya ini?
temen : bukan
gue     : sepupu lo?
temen : bukan
gue     : temen lo?
temen : bukan
gue     : dia siapa?!
temen : dia BULE!
gue     : ya gue tau! tapi itu siapa lo?!
temen : waduh gue lupa tanyain, cuman iseng doang foto bareng bule.

Plis men, bule itu manusia! bukan mahluk keramat, atau mahluk yang keberadaanya di indonesia dan mau punah sampe harus di lindungi oleh pemerintah. gue juga ga pernah liat tuh orang indonesia keluar negeri di teriakin "BULE" sama bule, dan dia ajak foto sama bule. Hal ini hanya terjadi di Indonesia!

sebenernya ini bukan fenomena yang salah atau benar menurut gue, tapi ketika lo emang maniak BULE yang nota bene bulu keteknya juga pirang, plis. jangan pake kewajiban lo buat foto - foto sama si bule yang bikin antrian makin panjang, kayak mba - mba resepsionis tadi.

kalau gini ceritanya, kita harus paham apa itu public service dan kita harus paham bule, dan masyarakat Indonesia itu manusia, bye.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar