Rabu, 17 September 2014

TAK TUNTAS (Greenbay part 2)

Usaha kami dipertaruhkan dari Malang hingga tempat ini Banyuwangi untuk melihat keindahan Greenbay. Namun ketika kami hingga di desa sarongan yang merupakan Taman Nasional Meru Betiri yang menandakan bahwa kami semakin dekat dengan Greenbay pastinya! Kurang lebih sekitar 12 jam perjalanan kami harus dibayarkan dengan perjalanan menuju Greenbay melalui jalan rusak parah penuh dengan batu. Kalau batu bata masih mending, ini batunya ada yang gede, ada yang kecil, ada juga orang yang kepalanya batu (keras kepala) tiduran dijalan. Dan perjalanan itu masih sekitar 9KM lagi! Sialan memang.

Melihat warga disana sudah menggunakan motor yang dimodifikasi ban yang bisa melintasi batu itu dengan mudah. Sedangkan kami? Ada 2  motor matic, 1 vespa, serta 2 motor bebek yang harus melalui jalan itu! Hari itu gue sadar, motor kami harus melalu jalur refleksi yang tidak diurus ini. Jujur aja kalau kalian nyeker lalu lari dijalan tersebut sampe Greenbay, semua penyakit kalian langsung hilang bos.


Gue terlalu khwatir dengan motor gue yang knalpotnya patah dan baru saja di las, jalan tersebut memudahkan motor gue patah kembali. Temen gue yang naik motor matic juga sangat hati-hati dan yang naik vespa dia lebih super hati-hati. Jalur rusak sepanjang 9km ini harus kami lalui selama 2 jam kurang lebih, bahkan orang sekitar perlu setengah jam.

Setelah melalui 2 jam perjalanan melalui jalur rusak tersebut, kami mulai melihat pantai yang menandakan Greenbay sangat dekat. Akhirnya kita sampai disebuah pantai yang bernama Sopanan disana untuk beristirahat. Salah satu teman menyuruh gue untuk menaruh perlengkapan kami di vila yang telah dipinjam dekat pantai sopanan. Memang ketika sampai vila gue bener-bener ngerasa lelah yang memuncak, tapi badan gue harus dipaksa dulu menuju greenbay.

Gue sempat bertanya kepada sahabat gue dimana letak Greenbay, dan dia cuman mengatakan “MASIH JAUH!” jawab santai. “MANTAP” celetuk gue dengan cengok mendengar jawaban itu. Oh greenbay siksa gue aja terus, siksa, SIKSA!!! Hati gue cukup berkecamuk saat itu.

Menuju Greenbay dari pantai sopanan bisa diakses naik motor atau melalui kapal, yang terletak di pantai nelayan yang ditempuh lima menit dari pantai sopanan. Kami memutuskan untuk menuju greenbay naik motor, dan engga disangka jalur yang harus dilalu adalah jalur yang lebih rusak daripada tadi dengan batu yang lebih besar dan jalan yang naik. Setelah melalui jalur tersebut kita baru sampai di parkiran greenbay dan harus jalan menuju greenbay. Perjalanan yang dilalui tidak terlalu jauh, walaupun jalanya cukup curam dan naik turun, bahkan tangga yang dibuat dari tanah serta batu hanya dihiasi dengan tali tambang sebagai pegangan, harus hati-hati memang.

Gue inget banget sekitar jam 4 akhirnya kami sampai di Greenbay. Hari itu ketika gue sampai di Greenbay gue merasa biasa aja, mungkin gue terlalu lelah tapi entahlah seperti ada yang kurang. Pantai ini dipenuhi dengan batu dan karang yang besar, gue memutuskan untuk menikmati Greenbay yang kita impikan ini.

Keesokan harinya di perjalanan pulang

Salah satu sahabat datang menghampiri gue saat kita ada di salah satu tambal ban daerah banyuwangi jauh dari Greenbay.
Vinno : ris lo mau tau engg?
Gue : apa vin?
Vinno : yang kita datengin kesana itu kemarin bukan Greenbay!!!!
Gue : APA?!!!
Vinno : itu pantai batu! Kalau kita jalan dikit lagi kita baru sampai Greenbay!!!

Gue lemes, ternyata bener firasat yang belum tuntas gue rasakan tentang Greenbay ternyata terjadi. Kami hanya sampai di Pantai batu lalu pulang. Setelah gue mencari tau kebenaranya melalui google. Di Greenbay merupakan teluk yang airnya berwarna hijau akibat pantulan alga didasar teluk sedangkan kami hanya menemukan batu banyak, dengan air yang biru dan banyak bulu babinya, SEDAP!!!

Disalah situs yang menjelaskan Greenbay juga menunjukan bahwa ada air terjun di Greenbay sedangkan kami hanya melihat Karang gede banget, serta ada resort disana sedangkan ditempat kami kemarin hanya ada pohon-pohon disekitarnya. Yang paling ngenes di situs web yang gue baca ada tulisan ini,

“AWAS ANDA TERTIPU KETIKA SUDAH SAMPAI DI PANTAI BATU DAN ANDA MENGIRA ITU GREEN BAY. KARENA LETAK GREEN BAY MEMANG TERSEMBUNYI DI DALAM HUTAN YANG BISA ANDA JANGKAU 300 METER LAGI”

ITU GUE!! ITU GUE!! BANGSAT!! HAHAHA

Jadi buat kalian yang mau ke Greenbay jalurnya memang tidak seenak menuju Pulau Merah. Kalian haru melewati Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Pantai Sopanan, Pantai Nelayan, baru Pantai Batu dan setelah itu kalian akan sampai di GREENBAY!

Saran buat kalian yang mau kesana, pastikan kalian punya dokumentasi dan penjelasan tentang Greenbay terlebih dahulu, kemudia tanyakan jalur yang tepat lewat warga sekitar dan yang pasti ada tanda “Selamat Datang di Greenbay” ingat itu.


Akhirnya kami semua memutuskan untuk tidak kembali dan pulang dengan rasa penasaran yang tak tertuntaskan serta update path di Greenbay dengan gambar yang kami ambil dari google HAHAHA, bangsat emang.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar